28
Apr
10

Cara Pembuatan Tape Singkong


Pengenalan :

Tape singkong adalah tape yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Makanan ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Di Jawa Barat, tapai singkong dikenal sebagai peuyeum (bahasa Sunda).

Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tapai biasa, yang basah dan lunak, dan tapai kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan.

Tujuan :

  1. Untuk mengetahui cara penerapan bioteknologi dengan fermentasi tape.
  2. Mengetahui peranan organisme Saccaromyces cereviceae dalam peragian.

Alat :

  1. Baskom
  2. Kain Lap
  3. Kompor
  4. Panci Kukus
  5. Penyaring
  6. Piring
  7. Pisau
  8. Sendok & Garpu

Bahan :

  1. Air secukupnya
  2. Daun pisang
  3. Ragi yang telah dihaluskan
  4. Singkong 2 kg

Cara Kerja :

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Kupas singkong dan kikis bagian kulit arinya hingga kesat.
  3. Potong singkong yang telah dikupas sesuai keinginan.
  4. Cuci hingga bersih singkong yang telah dipotong.
  5. Sementara menunggu singkong kering, masukkan air ke dalam panci samapai kira – kira terisi seperempat lalu panaskan hingga mendidih.
  6. Setelah air mendidih masukkan singkong ke dalam panci kukus, lalu kukus hingga singkong ¾ matang, kira – kira ketika ‘daging’ singkong sudah bisa ditusuk dengan garpu.
  7. Setelah matang, angkat singkong yang telah ¾ masak lalu taruh di suatu wadah, kemudian didinginkan
  8. Sambil mengipas – ngipas, teman satu kelompok kami menyiapkan wadah sebagai tempat untuk mengubah singkong menjadi tape. Wadah itu terdiri dari baskom yang bawahnya dilapisi dengan daun pisang.
  9. Setelah singkong benar – benar dingin, masukkan singkong ke dalam wadah lalu taburi dengan ragi yang telah dihaluskan dengan menggunakan saringan
  10. Singkong yang telah diberi ragi ini kemudian ditutup kembali dengan daun pisang. Singkong ini harus benar – benar tertutup agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  11. Setelah singkong ditutupi dengan daun pisang, diamkan selama 1-2 hari hingga sudah terasa lunak dan manis. Saat itulah singkong telah menjadi tape.

Reaksi

Reaksi dalam fermentasi singkong menjadi tape adalah glukosa (C6H12O6) yang merupakan gula paling sederhana , melalui fermentasi akan menghasilkan etanol (2C2H5OH). Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi, dan digunakan pada produksi makanan.

Persamaan Reaksi Kimia:

C6H12O6 + 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP

Penjabarannya:

Gula (glukosa, fruktosa, atau sukrosa) + Alkohol (etanol) + Karbon dioksida + Energi

Kesimpulan:

  1. Pembuatan tape termasuk dalam bioteknologi konvensional (tradisional) karena masih menggunakan cara-cara yang  terbatas.
  2. Pada proses pembuatan tape, jamur ragi akan memakan glukosa yang ada di dalam singkong sebagai makanan untuk pertumbuhannya, sehingga singkong akan menjadi lunak, jamur tersebut akan merubah glukosa  menjadi alkohol.
  3. Dalam pembuatan tape, ragi (Saccharomyces cereviceae) mengeluarkan enzim yang dapat memecah karbohidrat pada singkong menjadi gula yang lebih sederhana. Oleh karena itu, tape terasa manis apabila sudah matang walaupun tanpa diberi gula sebelumnya.
  4. Kegagalan dalam pembuatan tape biasanya dikarenakan enzim pada ragi  Saccharomyces cereviceae  tidak pecah apabila terdapat udara yang mengganggu proses pemecahan enzim tersebut.
About these ads

85 Responses to “Cara Pembuatan Tape Singkong”


  1. 5 Juli 2010 pukul 7:37 AM

    iya, bg… maunya adk tuh buat blog isinya cerpen2 adk.. tapi, liat ntar deh…

  2. 2 leksono
    6 Agustus 2010 pukul 8:52 AM

    tolong klu boleh minta resep pembuatan pisang tape dong…..makasih sebelumx…..

  3. 3 Ir. Puji Widodo, M.Si
    10 Agustus 2010 pukul 1:36 PM

    Bagus sekali prosesnya… ada peningkatan nilai ekonomi dari bahan mentah menjadi bahan pangan dan enak, kalo ada yang membahas bagaimana tape jadi alkohol murni ? Adakah yang bisa memberi masukan baik proses kimiawinya, caranya pembuatan alkohol dari tape ? terima kasih

  4. 5 Aan
    1 Januari 2011 pukul 8:54 PM

    assalamualaikum wr.wb. sebelumnya makasi karena tul;isan saudara telah memepermudah tugas saya, akan tetapi mohon dilengkapiu bakteri yangt berperan dalam proses fermentasinya sekalian juga tidak ketinggalan diagram alirnya. kalau yang punya tul;isan tidak keberatan tolong dikirim ke e-mail saya….ya… mikroba dan diagram alirbya

  5. 6 nopyi"
    6 Januari 2011 pukul 11:42 AM

    kasih tau donk cara bwt tape dari bahan lain

  6. 7 wizza
    3 Februari 2011 pukul 5:00 PM

    gizi yang t’kndng dlm tape setelah di bioteknologi apa ya?

  7. 10 Mega Galih K
    15 Februari 2011 pukul 9:13 PM

    Bagus beud…
    Sangat membantu tgs praktek saya,mksh..

  8. 16 Februari 2011 pukul 12:36 PM

    kalau boleh tau tlng blz ya

  9. 16 Februari 2011 pukul 12:40 PM

    aku mw tanya emang gizi tape tinggi bgt y ?
    knp arak putih bau nya kea tape
    aku binggung itu cara fermentasi apa bkn y ?
    klo da yg tw ksh tw aq yha langsung aja ke email aku
    rico.samuel22@gmail.com

  10. 13 mariska pradnya
    17 Februari 2011 pukul 8:48 PM

    isinya cukup bagus dan cukup lengkap, tetapi lebih baik lagi di tambah dengan perbandingan nilai gizi yang terkandung dengan tape yang dibuat dari bahan lain.

  11. 17 Februari 2011 pukul 10:32 PM

    makasih ama yg punya blog..
    karena pr saya jd lbh gampang..wkwkwk

    thanks a lot..

  12. 15 Ayi
    27 Februari 2011 pukul 11:45 AM

    Thanks bwt yg punya blog
    Tgs ku jadi terbantu.

  13. 16 salsabila
    28 Februari 2011 pukul 5:53 PM

    makasih:)
    bantu banget
    jadi mikrobanya cuma saccaromyces cerevicae doang ya?
    smg g gagal…

  14. 17 rian murtanto
    1 Maret 2011 pukul 1:15 PM

    jos gandos

  15. 18 ayu_suci
    5 Maret 2011 pukul 9:46 AM

    mau tanya donk..
    1. knp dlm pmbuatan tape harus di tutup rapat & di tempat teduh ?
    2.apa yang terjadi jika dalam menabur serbuk ragi tape tercampur dengan garam dapur ?
    3. jika dalam pembuatan tape dibiarkan selama 7 hri maka akan diperoleh cairan yang agak lengket dan bila kita rasakan akan terasa panas, apa sebenar’ny cairan lengket tersebut ?

    tolong yaa…
    maksi sblm’ny.
    :))

  16. 19 iqbal
    6 Maret 2011 pukul 5:31 PM

    terimakasi atas bantuan nya,,,,bisa meninggikan nilai Gue……….!!!

  17. 12 Maret 2011 pukul 8:58 AM

    Apakah Ubi jalar bisa di buat tape????o ya 1 lagi knp hasil permntasi tape saya mjadi keras apa karna kurang tertutup

  18. 24 Ilham
    20 Maret 2011 pukul 4:36 PM

    Gan,, izin copas tulisannya .. :)

  19. 22 April 2011 pukul 11:06 PM

    Yang benar itu dfermentssi nya berapa hari?

  20. 27 Rea aya
    21 Juli 2011 pukul 4:55 PM

    uh mbantu banget info nya makasii yaaahhh :D

  21. 2 Agustus 2011 pukul 8:49 PM

    Tape singkong… jadi teringat peuyeum bandung…
    sangat khas, tidak terlalu lembek dan cukup manis.

  22. 7 Agustus 2011 pukul 4:17 PM

    Ini menu kesukaan saya….. capek banget cari di pasar alhamdulilah ada resepnya disini. Makasih yaaa…… silahkan kunjungi blog saya : sujarman81.wordpress.com

  23. 31 jesselyn
    17 Agustus 2011 pukul 11:38 PM

    terima kasih atas resep yang sdh di ajarkan, saya mau tanya? saya bikin tape singkong pertama and kedua jadi, sterlah itu saya bikin ngak pernah jadi lagi, kenapa ya?
    padahal sdh di tutp rapat sampe saya tutupi sama selimut, sya juga kasih raginya pake saringan and rata juga, tapi kenapa hasil tapenya keras? apa saya kukusnya terlalu matang ya?

  24. 32 uliii
    26 Agustus 2011 pukul 12:44 PM

    kesimpulannya bsa dtulis gkk
    sama gambar cra pmbuatannya…

  25. 34 titin
    9 September 2011 pukul 2:45 PM

    pasti enak aq cuka tape…
    aq mw coba ahh,pasti lezat…..

  26. 1 November 2011 pukul 11:21 PM

    wah saya paling suka tape singkong>>>>>>

    makan pavorite saya>>>>>>>>>

    nyam yam ………………….

  27. 37 venus Queen
    2 November 2011 pukul 7:50 PM

    Apakah reaksi fermentasi dalam pembuatan tape singkong sama dengan reaksi fermentasi dalam pembuatan tape ketan …..????

    terima kasih sebelumnya .. ;)

  28. 6 November 2011 pukul 10:07 PM

    terima kasih banyak telah selalu mengabdet situs bondowoso
    jadi saya bisa mengerjakan tugas dengan mudah.
    saya bangga jadi warga penduduk kabupaten bondowoso
    bondowoso tercinta

  29. 40 @wiwilovegege
    27 November 2011 pukul 8:48 PM

    Akhr’a tgas Q slesai jga. . .
    Makash. . . ^^

  30. 41 wahyuni wulandari
    8 Desember 2011 pukul 5:13 PM

    ga bisa ia di sajikan dalam bentuk lebih menarik ???

  31. 42 diah
    5 Januari 2012 pukul 7:21 PM

    terimakasih atas artikel ande ini sangat bermanfaak dalam tugas sekolah saya

  32. 11 Januari 2012 pukul 10:56 AM

    Aq sngt suka dngn informasi ini,dr informasi ini aq bisa mngrjkn tgs sklh q :)

  33. 44 dimaz
    12 Januari 2012 pukul 4:20 PM

    nii bsa bntu tgz aku….
    yg berat…

  34. 46 leady nurawanda
    18 Januari 2012 pukul 10:10 AM

    cara nge follow kamunya gmna ya ???
    biar bsa bagi bagitips lebh banyak..
    wkwkwkwk…

  35. 14 Februari 2012 pukul 7:51 PM

    Saya pengen tau rasanya tape kayak gimana sih.

  36. 48 gina
    14 Februari 2012 pukul 8:10 PM

    apa saja zat yg terkandung dalam tape?

  37. 49 Dea
    15 Februari 2012 pukul 4:08 PM

    kalau 1 kg singkong brp bnyk raginya?

  38. 50 lita
    19 Februari 2012 pukul 10:37 AM

    mkasih artikelnya cocok dengan tugas aku …
    hehe

  39. 28 Februari 2012 pukul 10:10 PM

    lks nya bagus,bisa dipraktek dilabor/rumah

  40. 52 Cahya
    6 Maret 2012 pukul 8:11 AM

    Hahay thanks tugas aq jadi slesai nhe,,,,,,
    blog’a keren bgeeet

  41. 53 ujang
    10 Maret 2012 pukul 3:07 PM

    bagus bgt… sip sip sip

    nanti dateng ke blog saya ya..
    rheza97.blogspot.com

  42. 54 kikuk
    11 Maret 2012 pukul 6:17 AM

    thx bgt , ini membantu ujian praktek saya.. :D

  43. 55 abdithewarior@yahoo.co.id
    14 Maret 2012 pukul 12:25 PM

    trima ksih y atas rsepnya………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  44. 19 Maret 2012 pukul 5:39 AM

    makasih ya, lumayan buat ngerjain tugas

  45. 19 Maret 2012 pukul 11:55 AM

    this is some greem shit invades to into.
    god damn thing. I a’m not ready to die!
    we coming school all.

  46. 58 Aco rachmad.M
    21 Maret 2012 pukul 9:17 AM

    Ty kk yg Punya Blogg Tugas Gue jadi Lebih Simple

  47. 59 citra
    25 Maret 2012 pukul 3:58 PM

    thanks 4 infonya. berguna bnget buat tugas skolah.. :)

  48. 60 Novithree :-)
    25 Maret 2012 pukul 7:58 PM

    Makasih udh bntu buat tugas biologi ya

  49. 61 Hutasoit.Daniel
    23 Juni 2012 pukul 5:26 AM

    mkasih bnget ud bntu tugas remedial praktek gw..
    klu gak ada ni blog.
    ga bkal slesai dlam 2hri nie tugas..
    thx bnget..

  50. 62 anaksby
    25 Juli 2012 pukul 6:13 PM

    hasil limbahnya bisa dipakai untuk nata de cassava gk bang?

  51. 63 artha
    28 Juli 2012 pukul 1:17 PM

    makasih atas infonya,,, sangat bermanfaat :D

  52. 65 sohibsgp
    6 Agustus 2012 pukul 11:25 PM

    Aaaa…..
    Kurang manis tuh
    Singkongnya kukus 2 kali
    Peralatan ga blh terkontaminasi bahan kimia (sabun,garam,minyak dll)

    Makan tapai singkong tiap pg sblm makan apapa tidak akan kena magh

  53. 66 Hakim Al Ayni
    9 September 2012 pukul 1:55 PM

    bizakah membuat tapai pkek bhan jangung/membuat tapai dri jagung lw bza mnta resep dan crax donk.

  54. 14 September 2012 pukul 3:59 PM

    terima kasih wat org yg punya blog ini,,
    udh bntu buat tgas biologi………

  55. 68 Rizkhi bastervandawa
    23 September 2012 pukul 8:51 PM

    Cukup membantu sy dan tmn2′ sy dlm kgiatan klompok pmbuatan Tape Singkong
    Trimksh.

  56. 31 Oktober 2012 pukul 11:46 PM

    Isinya hampir sama kaya blogger lainnya-________-“

  57. 70 ayang
    2 November 2012 pukul 12:12 PM

    waaaah, artikelnya lengkap banget! makasih ya buat artikelnya, sangat membantu tugas sekolah saya banget :D

  58. 71 ikhsan
    9 November 2012 pukul 3:57 PM

    MAKASIH YA..

    UDAH KASIH TAU CARANYA :)

  59. 73 Made
    16 November 2012 pukul 2:48 PM

    Kalo singkongnya itu 1kg kira-kira pake raginya seberapa ya? setengahnya atau semuanya? mksh.

  60. 74 aryani lestari putri
    22 November 2012 pukul 1:24 PM

    thank’s buat info nya… :)

  61. 75 andrie eirdna
    29 November 2012 pukul 9:33 PM

    terima kasih, post ini telah membantu saya mengerjakan tugas saya.

  62. 76 andrie bazooka
    29 November 2012 pukul 9:36 PM

    makasih :D

  63. 77 Ierloliyes
    14 Desember 2012 pukul 4:52 PM

    Whow badae,,,rezp.a kien tgz gw jdy sukses,,,thankz yach ;-D

  64. 78 nandara rita dewi
    18 Februari 2013 pukul 4:57 PM

    jelas banget artikelnya …
    gara2 pake langkah2 di blog ini , tape buatan mama jadi enak :P

  65. 7 April 2013 pukul 8:27 AM

    bagus ni buat tugas ipa saye,hhe:D thanks

  66. 18 Mei 2013 pukul 6:48 PM

    tanya dong, ragi pembuatan tape singkong sama tidak dengan ragi u/ membuat tape ketan ???

  67. 82 ardinas prajna lutfiah
    1 Oktober 2013 pukul 6:04 PM

    tolong di muat juga artikel nya dong …..saya perlu ni untuk tugas ipa…..

  68. 83 divani prajna lutfiah
    1 Oktober 2013 pukul 6:09 PM

    kalau artikel nya ada pa ndak mbak?tolong dimuat juga artikel nya ya…….saya perlu ni untuk tugas ipa…….

  69. 84 khadijah
    10 Oktober 2013 pukul 7:58 PM

    apa semua ubi ubian bisa dibuat tape??? kalo bisa syaratnya hrus apa???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Salam

Sekarang Pukul Berapa yah? :-/, Liat di sini Ajah

Tulisan yang aku buat

Chat sama Yang Punya Blog

Waktu Salat Batam

Kalau udah masuk jangan lupa salat yah :)

Mari Kita Memperdalam Islam. :)

"Biarlah Sedikit, Namun Bermakna"

Asmaul Husna

Radio :-)

Usil -Usilan

Coba tes kecocokan kalian :). tapi jangan terlalu dipercaya loh, bisa syirik ntar :D

Bisa Gak Kamu Menyentuh "Orang Rambut Putih?"

Coba deh Kamu Perhatikan Bolanya, Ada yang Ajaib Ntar

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: